Gubsu hadiri muzakarah MUI kota Binjai

0
824

Sumutekspos.com l Binjai

Gubsu-Hadiri-Muzakarah-MUI-di-Kota-Binjai

Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengatakan Bulan Ramadhan strategis sebagai momentum konsolidasi umat. Demikian yang disampaikan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi saat menjadi narasumber dalam Muzakarah Ramadhan 1436 H yang digelar MUI Kota Binjai di Kantor MUI Kota Binjai jalan Olahraga No. 3 Kelurahan Timbang Langkat Kecamatan Binjai Timur, Minggu (21/6).

Dalam kesempatan itu, Gubsu mengapresiasi kegiatan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Binjai yang secara rutin menggelar muzakarah (diskusi publik ulama-umara, red) di Jalan Olahraga, Binjai, Sumatera Utara.

Gubsu juga menyanpaikan kegiatan tersebut untuk membangun kesadaran keberagamaan bagi kaum muslimin khususnya dan jauh kebih penting adalah kesadaran melahirkan spirit keberagaman untuk membangun sebuah etos kerja dalam rangka membagun bangsa dan negara.

“Terimakasih kepasa MUI kota Binjai yang ternyata kegiatan Muzakarahini sudah rutin dilaksanakan apalagi khususnya di bulan ramadhan ini,” ujarnya.

Islam, lanjut Gubsu adlah sebuah agama yang yang terbesar di negara ini dan perannya sudah terbukti.

“Dan hari ini harus dibutikan lagi di Ramadhan harus bisa menjadi momentum konsulidasi ummat bagaimana perannya membangun bangsa dan negara ini,” harapnya.

Sementara itu Ketua MUI Kota Binjai Dr HM Jamil MA saat menjadi Pembicara menyampaikan, muzakarah ini diselenggarakan MUI Binjai setiap Ramadhan. Pelaksanaannya setiap hari Ahad dengan tema berbeda, disesuaikan dengan topik yang sesuai kepentingan umat Islam.

Kali ini, lanjutnya MUI mengundang Gubernur Sumut untuk menjadi pembicara dan Alhamdulillah, Gubernur dapat bersedia hadir dan memberikan ilmunya untuk masyarakat yang hadir dalam diskusi ini.

“Saya gembira Gubsu orang rendah hati mau bekenan hadir, kemudian seperti yang ada di jadwal kita  berharap seluruh bapak ustandz yang hadir ini hadir lagi minggu depan, kita berharap informasi dari pak Gubsu dalam kontek keislaman dan pemerintahan,” ujarnya.

Saat menjadi pembicara Dr HM Jamil MA, berbicara mengenai ibadah puasa yang merupakan kekuatan lahir dan batin perlu bagi kekuatan bangsa. Karena, tidak diragukan lagi bahwa ibadah puasa ramadhan adalah salah satu rukun islam. Setiap orang diwajibkan untuk melaksanakannya sedangkan dalam bahasa al-qur’an tujuan puasa adalah menciptakan orang yang bertaqwa.

Untuk sampai pada tujuan tersebut, banyak panduan yang diberikan Rasulullah SAW, disamping meningkatkan kwalitas amalan wajib, juga dimotivasi untuk melaksanakan ibadah-iibadah sunnah seperti shalat tarawih, membaca alqu’an, besedekah, I’tikaf dan lain sebagainya, didamping juga pengendalian indera dan hati dari hal-hal yan tidak sejalan dengan ajaran alqu’an dan al-hadits

“Jika itu terpenuhi maka disamping tujuan ibadah itu akan tercapai juga sekaligus terwujud manusia yang kuat secara zahir dan bathin dan ini sangat perlu bagi kekuatan bangsa,” ujarnya.

Usai menjadi penceramah, Gubsu dan Ketua MUI Kota Binjai serta Sekda Kota Binjai dan seluruh peserta diskusi berkeliling ke kantor MUI Kota Binjai untuk melihat langsung kondisi Perpustakaan serta ruang lainnya. Kemudian Gubsu bersama jamaah memasuki Masjid Agung Kota Binjai yang terletak tepat bersebelahan dengan Kantor MUI Kota Binjai untuk melaksanakan shalat Zhuhur berjamaah.