Bunda Paud Sutias jalin komunikasi dengan bunda paud Se Sumut

0
649

Sumutekspos.com

Bunda-Paud-Sutias-Silahturahmi-Dengan-Bunda-Paud-Se-Sumut

Bunda Paud Sumatera Utara Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho kembali mengajak para bunda Paud se Sumut untuk meningkatkan Pendidikan Anak Usia Dini di daerah. Hal itu disampaikannya pada saat silaturahmi Bunda Paud se Sumut, Sabtu (21/3) di rumah Dinas Gubernur Jl. Jendral Sudirman Medan.

Pada kesempatan itu hadir Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolong mendampingi Bunda Paud Samosir Roma Arta Sitinjak, B.Sc, Bunda Paud Kabupaten Humbang Hasundutan Anny Risman Maddin Sihombing, Kabupaten Pakpak Barat Dewi Remigo Berutu, Kabupaten Palas Yusra Hasibuan, Kabupaten Langkat Nuraida Ngogesa, Kabupaten kota Padang Sidempuan Ade Aan Andar serta sejumlah perwakilan Bunda Paud lainnya.

Sutias mengatakan kegiatan silaturahmi Bunda Paud se Sumut ini, selain untuk saling tukar pikiran dan informasi, juga mengambil momen pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara, Jumat (20/3) malam. “Karena masih suasana pembukaan PRSU, dan kepala daerah berkumpul di Medan, maka saya kesempatan ini dipergunakan untuk silaturahmi para bunda Paud se Sumut,”paparnya.

Pada pertemuan itu Sutias tak hanya mengajak para bunda Paud untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini di daerah masing-masing. Hal itu menurutnya akan berpengaruh angka partisipasi kasar (APK) pendidikan karena akan berdampak pada tingkat pendidikan dimulai dari usia dini hingga pendidikan selanjutnya.

“Bila kita ingin meningkatkan pendidikan di daerah, sudah seharusnya dimulai dari pendidikan anak usia dini. Karena akan berdampak pada APK Sumut,”ujar Sutias lagi.

Pada kesempatan itu Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal dan Pendidikan Anak Usia Dini (FNFI dan PAUD) Disdik Provsu Yulheni, M.Pd menjelaskan presentasi APK mempengaruhi alokasi penyaluran anggaran pendidikan. Dan ini akan mempengaruhi pendidikan di Sumut.

“Bila APK kita sedikit sudah tentu kita akan mendapatkan anggaran minim pula, dan akan mempengaruhi pendidikan di Sumut,”jelasnya.

Pada kesempatan itu Yulheni yang akrab dipanggil Nani mengatakan bahwa Bunda Paud Sumatera Utara mendapat juara pertama bidang kemitraan. “Sebagai Juara pertama Bunda Paud Sumut menjadi motivasi para bunda Paud di daerah selain membangun satu paud satu desa, juga ikut lomba Paud di tingkat nasional,”ujarnya

Seperti yang diketahui pendidikan anak usia dini sangat penting sebagai masa emas untuk dapat melanjutkan pendidikan selanjutnya.