KPU: Nusron Cs Tetap Dilantik Bila Sudah Berkekuatan Hukum Tetap

0
524

Dua caleg terpilih yang dijegal DPP Partai Golkar, Nusron Wahid dan Agus Gumiwang tengah memperjuangan nasibnya dengan menempuh jalur hukum. KPU menyatakan keduanya masih berpeluang dilantik menjadi anggota dewan pada 1 Oktober mendatang sampai berkekuatan hukum tetap.

“Kami menyampaikan surat kepada DPP dan calon yang bersangkutan berkaitan dengan peraturan kami yang mengatur bahwa apabila yang bersangkutan diusulkan penggantian karena alasan tidak memenuhi syarat kemudian KPU harus memastikan bahwa itu sudah berkekuatan hukum tetap,” ujar komisioner KPU Ida Budhiarti.

Hal ini diungkapkannya usai menjadi pembicara dalam seminar bertema ‘Evaluasi Pelaksanaan Dana Kampanye Pileg 2014 dan Politik Uang’ di PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakpus, Rabu (27/8/2014). Turut hadir komisioner KPU lainnya, yakni Arief Budiman dan Hadar Nafis Gumay.

“Kalau belum berkekuatan hukum tetap dan masih ada pihak-pihak yang menempuh upaya hukum, maka calon yang bersangkutan tetap memiliki hak untuk dilantik,” lanjutnya.(dn)