LAPP-SU : Lima Tokoh Padang Sidempuan Memiliki Elektabilitas Tinggi

0
217

Medan, sumutekspos.com

Berdasar hasil survei yang dilakukan Lembaga Analisis Penelitian Pembangunan Sumatera Utara (LAPP-SU ) mulai  3 – 7 Agustus 2017 ada beberapa nama yang memiliki elektabilitas tinggi di masyarakat untuk dipilih menjadi Walikota Padangsidempuan pada periode mendatang. Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak  bakal digelar tahun 2018 itu sudah mulai dekat pelaksanaanya. Hasil survei mengungkap masyarakat sangat berharap pilkada dapat berlangsung dengan kondusif dan minim konflik.

Hal itu disampaikan  Koordinator Umum LAPP-SU, Ismail  Fahmi SH, MSi, di hotel Madani Medan, selanjutnya hasil survei yang dilakukan juga menemukan lima Nama yang hampir berimbang elektabilitas untuk dipilih menjadi Walikota Padangsidempuan pada pilkada yang akan datang Yakni : Andar Amin Harahap, Isnandar Nasution, Khoiruddin Nasution, Dedi Harahap, T. Simanungkalit dan ada enam nama lainnya yang sangat kecil elektabilitasnya.

Program program pembangunan yang paling banyak diusulkan oleh masyarakat Kota  Padangsidempuan secara berurutan adalah : Bidang Pendidikan, Fasilitas Umum/Infrasturuktur, Kesehatan, Sosial, Keagamaan dan lapangan kerja. Survei ini juga menghasilkan rekomendasi pilihan koalisi Partai Nasionalis, Islam dan pilihan partai politik itu sendiri, untuk menentukan calon wakil walikota diserahkan sepenuhnya kepada calon walikota.

Ditambahkannya, survei yang lakukan pada enam kecamatan kota Padangsidempuan ini dilakukan dengan Wawancara tatap muka pada responden dan metode pengambilan sampel dengan cara berantai (multi level),  dengan jumlah responden 280 orang dan memperhatikan jumlah sebaran penduduk dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,1 persen.

“Pada riset ini terdapat 21 persen responden yang tidak menyebutkan siapa yang akan dipilihnya,” ujar  Fahmi.

Riset selanjutnya ungkap  alumni Universitas Indonesia ini akan dilakukan kembali untuk survei elektabilitas calon Walikota Padangsidempuan setelah adanya penetapan Calon dan telah berlangsungnya kampanye. (.red.)