Plt Gubsu kurban 6 Ekor Sapi

0
317

Sumutekspos.com lMedan

 Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menyumbangkan enam ekor sapi yang disembelih di beberapa lokasi diantaranya Mesjid Raya Karo untuk dibagi kepada para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

Usai mengikuti sholat Isul Adha berjamaah di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (24/9), Plt Gubsu menyaksikan penyembelihan salah seekor hewan kurbannya di pelataran parkir Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan. Bersamaan dengan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyerahkan seekor hewan kurban dari Presiden Joko Widodo kepada Plt Gubsu disaksikan Sekda Provsu Hasban Ritonga, Ketua Panitia Kurban Kepala Biro Binsos H M Yusuf dan Sekretaris Sudarto Purba.

Sapi dari Presiden Jokowi yang berbobot sekitar 500 kg itu kemudian disembelih bersama dengan 18 ekor sapi lainnya di pelataran parkir Kantor Gubsu. Setelah menyembelih hewan kurban dari Presiden Joko Widodo, selanjutnya panitia juga menyembelih hewan kurban dari Plt Gubsu Erry Nuradi, Sekda Provsu H Hasban Ritonga dan lain sebagainya.

Kepada wartawan Erry mengatakan kurban dimaknai dengan semangat berbagi. “Meskipun ada bagian untuk yang berkurban, tapi lebih banyak diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan,”ujar Erry. Dia berharap semangat kurban dan berbagi bisa diterapkan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekda Provsu Hasban Ritonga didampingi Ketua Panitia H M Yusuf menjelaskan ada peningkatan jumlah hewan kurban yang digalang oleh Pemprovsu pada Idul Adha tahun 2015 ini. Dijelaskannya tahun ini Pemprov SUmut menyalurkan hewan kurban terdiri atas sebanyak 123 sapi dan 2 kambing. “Ada peningkatan yang signifikan dari tahun lalu sebanyak 98 ekor,”kata Hasban.

Peningkatan jumlah hewan kurban menurut Sekda menggemberikan, mengingat krisis ekonomi yang juga dirasakan Sumut tidak menyurutkan niat untuk berbagi. “Malah ada peningkatan jumlah hewan kurban, ini tentu menggembirakan. Kami mengucapkan terimkasih kepada semua pihak yang telah berkurban,” ujar Sekda.

Dijelaskannya di sekretariat yaitu Kantor Gubsu dilaksanakan penyembelihan 18 ekor sapi, termasuk diantaranya kurban Presiden Joko Widodo. Presiden menyumbang dua ekor sapi, seekor disembelih di halaman Kantor Gubs dan yang lainnya seekor sapi seberat hampir 1 ton disembelih di Lokasi Pengungsian korban Erupsi Sinabung.

Sementara itu enam ekor sapi kurban Plt Gubsu disembelih dibeberapa lokasi yaitu Kantor Gubsu, Mesjid raya Tanah Karo, Mesjid Raya Dairi, Mesji Azizi Langkat, Mesjid Jamik Kampung Nelayan Belawan, Mesjid Jamik di Pantai Cermin. Sedangkan lokasi pemotonga hewan kurban yang galang oleh Pemprov Sumut tersebar di beberapa lokasi SKPD maupun BUMD milik Pemprov Sumut diantaranya Bank Sumut, PDAM Tirtanadi, PT Perkebunan Sumut, dan lain sebagainya.

Usai menyaksikan pelaksanaan kurban di Kantor Gubsu, Plt Gubsu menyerahkan seekor sapi kurban dirinya beserta keluarga di Mesid Daarul Azhar Jadid jalan Bajak II Kompleks Vila Gading Mas I Medan Amplas. Plt Gubsu menyerahkan hewan kurban didampingi istrinya, Evi Diana beserta putra. Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu sekaligus meresmikan menara dan renovasi mesjid yang berada di lingkungan kediaman pribadinya tersebut. (Red)