Dispora Sumut Bekali Pemuda dengan Kemampuan Otomotif

0
316

sumutekspos.com

Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara memberi pelatihan kepada 40 pemuda keahlian di bidang otomotif dalam upaya menekan tingginya angka pengangguran.”Diharapkan setelah selesai pelatihan, mereka bisa membuka lapangan pekerjaan,” kata Sekretaris Dispora Sumut, Sakiruddin di Medan Rabu.

Ia mengatakan, fenomena pengangguran, selain disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan, juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.Namun hal tersebut juga sekaligus menjelaskan masih rendahnya jiwa kewirausahaan bagi pemuda yang dapat dihasilkan dari dunia pendidikan.

Untuk itu, kata dia, pelatihan keterampilan bidang otomotif merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia, di samping jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan untuk mengatasi pengangguran tersebut.

Selain itu ungkapnya, pihaknya dalam usaha mengatasi pengangguran tersebut khususnya bagi pemuda terus melakukan berbagai upaya khususnya menggelar pelatihan tersebut.Karena salah satunya upaya mencipakan wirausaha-wirausaha muda yang tangguh adalah melalui pelatihan keterampilan bidang otomotif yang difokuskan kepada kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Kepada peserta pelatihan, diharapkan nantinya dapat memanfaatkan ilmu yang diterima selama masa latihan, dan dapat menjadi bekal untuk mengembangkan diri baik di dalam dunia usaha maupun dunia kerja.

Sebelumnya ketua panitia pelatihan, Rudi Rinaldi mengatakan, tujuan pelatihan itu adalah untuk mengembangkan potensi keterampilan pemuda dan kemandirian berusaha di bidang otomotif khususnya roda dua.Selain itu memberikan bekal kehidupan pemuda dalam menyongsong kehidupan di masa depan.

Peserta pelatihan adalah unsur pemuda utusan kabupaten/kota diantaranya dari Langkat, Deliserdang, Binjai dan Kota Medan serta binaan Dispora Sumut berusia 16 sampai 25 tahun.

sumber : humas pempropsu