PPP Djan Faridz Optimis Ikut Pilkada Serentak di Sumut

0
215

Sumutekspos.com l Medan

FOTO Djan Faridz-2

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar VIII Jakarta optimis ikut pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Keoptimisan ini melihat berbagai fakta yuridis yang makin menguatkan legalitas partai yang dipimpin H Djan Faridz ini.

Hal itu ditegaskan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sumut, Aswan Jaya SH, MKomI, didampingi Sekretaris DPW, Parulian Siregar MA, Bendahara M Syafii Sitorus dan pengurus lainnya, kepada pers di Medan, Minggu (7/6).

Aswan Jaya mengungkapkan, berdasarkan kesimpulan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP di Jakarta pada 1-2 Juni lalu, dalam menghadapi konflik partai, PPP memutuskan menempuh jalur hukum. Ternyata, seluruh proses hukum yang ditempuh telah menempatkan PPP hasil Muktamar Jakarta di titik terang. Di antaranya putusan PTUN Jakarta yang menggagalkan berlakunya SK Menteri Hukum dan HAM tentang kepengurusan PPP di bawah pimpinan Ramahurmuziy (Romy).

Menyusul posisi hukum, tambah Aswan, PPP di bawah Ketua Umum H Djan Farids dan Sekjen Dr HR Dimyati Natakusumah telah berhasil melakukan pergantian pimpinan Fraksi PPP DPR RI dengan menetapkan Epyardi Asda M Mar sebagai Ketua Fraksi. Pergantian itu telah diseteujui DPR RI lewat SK nomor 83/Pimp/III/2014-2015ditandatangi Ketua DPR RI Setya Novanto.

Awalnya, kata Aswan, pergantian pimpinan fraksi PPP itu diajukan oleh Suryadharma Ali saat masih menjabat Ketum DPP PPP. Lalu, setelah Muktamar Jakarta, Djan Faridz mengirim surat kepada pimpinan DPR agar menindaklanjuti usulan pergantian pimpinan fraksi PPP. Lalu dikabulkan oleh DPR dengan mengeluarkan SK pergantian pimpinan fraksi PPP.

“Artinya, selain putusan PTUN yang menggagalkan SK Menkum HAM, tentu SK pergantian pimpinan Fraksi PPP di DPR merupakan pengakuan dari Lembaga Tinggi Negara terhadap legalitas PPP hasil Muktamar Jakarta. Karenanya, kami yakin PPP di bawah pimpinan Djan Farids akan ikut pilkada serentak Desember mendatang,” tegas Aswan.

PPP Sumut sendiri, tambahnya, sejak Mei lalu sudah melakukan penjaringan bakal calon (balon) kepalada daerah di 12 dari 23 kabupaten/kota yang akan pilkada serentak di Sumut. “Sejumlah balon kepala daerah sudah terjaring di DPC PPP kabupaten/kota. Dan penjaringan masih dibuka sambil menunggu kebijakan selanjutnya dari DPP,” kata Aswan.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPW PPP Sumut Parulian Siregar mengatakan, guna menindaklanjuti hasil Rapimnas, PPP Sumut terus melakukan konsolidasi partai dengan membenahi kepengurusan di DPW dan kabupaten/kota di Sumut.

“Selain itu, menyusul pergantian fraksi PPP di DPR, PPP Sumut juga akan melakukan langkah-langkah pembenahan baik di DPRD provinsi maupun kabupaten/kota,” tandas Parulian (red)