BPBD kota Medan simulasi tanggap bencana

0
474

sumutekspos.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melaksanakan Sosialisasi, dan Simulasi Pengenalan Potensi, Resiko dan Penanggulangan Bencana kepada para Pelajar di Kota Medan, Rabu (21/8). Sosialisasi yang diisi dengan peragaan dan simulasi tanggap bencana ini menjadikan  anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai target sasaran.

Dikatakan Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, pihaknya mengadakan sosialisasi, dan simulasi pengenalan potensi, resiko dan penanggulangan bencana ini kepada anak-anak agar dapat mengedukasi sekaligus memberi pemahaman sejak dini kepada masyarakat yang diterapkan pada anak mengenai penangulangan bencana. Hal ini dilakukan agar terciptanya anak-anak yang tanggap dan siaga bencana.

“Kesadaran tanggap bencana ini perlu dilakukan, karena sering jatuh korban saat terjadi bencana akibat kurangnya pemahaman masyarakat akan cara-cara yang benar untuk menghadapi bencana. Apalagi anak-anak, perlu sejak dini diajarkan bagaimana resiko, dan penganggulangan yang terjadi jika bencana datang,” ujar Arjuna.

Lanjut Arjuna, kali ini BPBD Kota Medan mengadakan simulasi bencana di SDS Wahidin Sudirohusodo Jalan Pasar V Kel. Rengas Pulau Kec. Medan Marelan dan SMP Negeri 2 Medan di Jalan Brigjend Katamso Kel. Kampung Baru  Kec. Medan Maimun.

“Dengan didampingi guru, anak-anak ini mengikuti arahan para petugas BPBD tentang apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa. Seperti melindungi kepala, menjauhi kaca, berlindung di bawah meja dan mencari titik kumpul yang aman jika gempa terjadi saat mereka berada di sekolah,” tutur Arjuna. (Humas)