Kepala KUA Kotanopan, 5 cara Mengatasi Problematika Rumah Tangga

0
348

sumutekspos.com l Penyabungan

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kotanopan H. Sutan Hasibuan, S. Ag, MH menyampaikan bahwa kehidupan rumah tangga atau berkeluarga tidaklah selamanya berjalan mulus, baik baik, dan manis manis saja.

Perjalanan kehidupan rumah tangga itu bagaikan kita mengenderai kenderaan, kadang jalannya itu mulus, dan lurus, kadang mulus berbelok, ada juga lurus tapi berlobang lobang, bahkan ada juga jalannya itu sudah berlobang berbelok belok lagi.

Ada juga jalannya bagus dan layak, tapi kenderaannya yang kurang baik dan layak berjalan, ujarnya.

Siapapun orangnya yang telah berumah tangga tidak pernah luput dari adanya kerikil kerikil yang terkadang mengganggu perjalanan kehidupan rumah tangga yang mereka bangun.

Terkadang pasangan suami istri tersebut mampu melewatinya dengan baik, dan tidak sedikit pulang keluarga dan rumah tangga yang mereka bangun ambruk, roboh, bahkan hancur karena tidak mampu mengelola, menghadapi dan menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi.

Hal ini disampaikan Kepala KUA Kecamatan Kotanopan pada saat menyampaikan nasehat perkawinan usai pelaksanaan aqad nikah antara Muhammad Rosyadi dengan Mardiah dari Desa Singengu Jae yang nikah di kantor, Selasa (13/8/2019).

Disampaikannya juga bahwa ada 5 hal yang harus dimilki oleh suami istri dalam membangun keluarga atau rumah tangga, pertama adalah pernikahan itu harus didasari atau diniatkan ikhlas semata mata karena Allah SWT, kedua suami atau istri harus siap dan mampu menerima kelebihan dan kekurangan dari pasangannya masing masing, jangan egois.

Ketiga adalah perlu dipahami dengan benar bahwa jodoh merupakan taqdir dari Allah,  jangan melawan ataupun menentang taqdir. Keempat muasyaroh bil ma’ruf atau bergaul dengan baik, sopan, ramah dengan menghormati dan menghargai pasangan masing masing.

Sedangkan yang kelima adalah musyawaroh atau membuat komitmen yang ingin diwujudkan bersama dalam meraih masa depan, artinya suami istri memiliki visi, misi dan tujuan yang sama yaitu meraih ridho Allah SWT mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah dan istiqomah. (Humas)