Cara Ternak Bebek Petelur Yang Menggiurkan Bagi Pemula

0
424

sumutekspos.com | Medan

Cara beternak bebek petelur atau budidaya bebek membutuhkan suatu persiapan yang matang agar bisa melakukan kegiatan beternak dengan sukses. Jangankan beternak bebek dalam setiap kegiatan tentu Anda memerlukan persiapan, nah begitu pula beternak bebek. Salah satunya bebek tipe petelur yang dinyatakan cukup menggiurkan apabila diternakkan secara baik dan benar. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikan beternak bebek sebagai salah satu mata pencahariannya.

Meskipun terlihat mudah dalam membudidayakannya atau menernaknya, ternyata beternak bebek petelur ini tidak juga mudah untuk dilakukan begitu saja, dibutuhkan rasa sabar dan tekad untuk sukses dalam menjalani usaha beternak bebek petelur ini.

Berikut terdapat beberapa tahap dalam beternak bebek petelur, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1 Persiapan
Telah dibahas sebelumnya bahwa dalam memulai suatu hal pasti dibutuhkan suatu persiapan yang matang. Maka ini juga berlaku pada beternak bebek, ternak bebek bermula-mula dari persiapan.

Mulai dari menyiapkan kandang untuk beternak dan persiapan lainnya. Kandang merupakan kebutuhan yang begitu penting, karena pentingnya maka dalam pembuatan kandang sudah seharusnya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

a. Kondisi Kandang yang Nyaman
Kondisi secara garis besar atau secara keseluruhan dari kandang bebek petelur harus kering, nyaman dan bersih dari kotoran. Dinding utama kandang harus tertutup namun juga harus sedikit terbuka. Hal ini dilakukan karena bebek akan merasa gelisah ketika melihat hewan lainnya seperti kucing atau anjing yang melintas di dekat kandang si bebek.

Tujuan dari kandang bebek petelur yang dalam kondisi tertutup ini memungkinkan sedikit terbuka sebagai sirkulasi udara dan angin agar tidak masuk secara langsung ke kandang. Untuk spesifikasi kandang yang baik yaitu:

1. Suhu kandang bebek petelur yang baik berkisar antara 35-40 derajat Celsius.
2. Kelembapan udara berkisar 60%.
3. Mendapat cahaya yang cukup.
4. Terdapat sarana untuk tempat makan dan minum.

Kandang ialah faktor utama yang harus dipersiapkan matang-matang ketika hendak beternak bebek petelur. Sehingga, utamakan kebutuhan kandang bebek yang notabene sebagai tempat tinggal bebek dan ini mutlak dibutuhkan.Sedangkan, jika tanpa kandang ternak tentu Anda akan kesusahan dalam mengkondisikan bebek ternakkan Anda.

b. Ruang Gerak Kandang

Kenyamanan juga dapat diukur dari ruang kandang bebek petelur yang dibuat tidak terlalu sempit atau idealnya 1 m persegi untuk ditempati oleh 2 ekor bebek.Memperhatikan ruang gerak pada kandang bebek ini juga penting loh! Mengapa? Karena dalam hal makan dan minum bebek tidak suka jika berdesakan dan lebih suka dengan cara bergantian.Nah bebek aja pintar kalau makan mau bergantian! Oleh karena itu sebaiknya bebek petelur ini mendapatkan ruang gerak yang cukup. Ruang gerak ini juga akan membatu Anda dalam mengambil telur bebek di pagi atau siang hari. Jadi jangan terlalu sempit dalam pengukuran kandang ternak bebek petelur ini.

c. Tinggi Kandang
Tidak hanya lebar ruangan kandang yang diukur, namun sebaiknya tinggi kandang bebek petelur juga diukur. Tinggi kandang dapat menyesuaikan dengan tinggi badan Anda dan lebih baik lagi jika sedikit lebih tinggi.

Hal ini berguna karena dengan adanya pengukuran tinggi kandang bebek yang sesuai dengan tinggi badan Anda, maka akan mempermudah Anda dalam memelihara bebek. Misalnya saat memberi makan dan minum juga saat pengambilan telurnya. Dan tinggi kandang ideal untuk tinggi kandang bebek petelur ini dapat berkisar antara 2,5-3 meter.

d. Penerangan Kandang
Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, jika penerangan juga termasuk hal penting dalam beternak bebek petelur.Selain untuk memudahkan dalam pengawasan dan pemeliharaan bebek, penerangan yang cukup juga dapat membuat bebek merasa nyaman, juga dapat menambah kehangatan ruang saat malam hari. Banyak bukan manfaatnya? Nah jika seperti ini Anda perlu mempertimbangkan pencahayaan yang digunakan untuk kandang ternak bebek Anda.

e. Suhu Ruang Kandang
Yang terakhir ialah perhatikan pula suhu ruang kandang ternak bebek Anda. Akan sangat baik lagi jika Anda sering memperhatikan suhu pada kandang bebek petelur.Usahakan suhu kandang bebek petelur selalu sama dengan suhu ruangan yaitu tidak terlalu dingin atau panas. Suhu kandang bebek yang baik biasanya berkisaran antara 27-30 derajat Celsius atau 35-40 derajat Celsius. Membuat suhu kandang bebek petelur yang ideal ini dapat Anda perbaiki dengan membuat kandang bebek yang menghadap timur atau barat sehingga udara dan panas matahari dapat silih berganti masuk ke kandang.Tentu sinar matahari dan udara yang masuk ke dalam kandang juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam menghilangkan kelembapan di kandang, serta penyakit yang timbul akibat kelembapan kandang.Karena tidak terlalu baik pula jika terlalu lembab, maximal 60 %, seperti yang dijelaskan di awal.

2 Pembibitan
Setelah kandang telah siap untuk digunakan, maka langkah selanjutnya Anda dapat melakukan pembibitan hewan ternak yaitu bebek petelur.Hewan ternak yang baik biasanya berasal dari bibit yang baik pula, maka pilihlah bibit yang unggul dan berkualitas. Bibit yang berkualitas dapat diperoleh dengan harga yang sedikit lebih mahal.Hal ini dikarenakan oleh kualitas bebek petelur ternak yang baik. Mungkin anda juga bisa membeli bebek petelur yang sudah siap menetas dan hal ini justru lebih mudah daripada melakukan pembibitan dari awal. Tetapi kendalanya tentu modal yang dikeluarkan lebih besar lagi dan lumayan sulit pula untuk menemukan bebek yang siap bertelur dan juga siap untuk di jual. Nah apabila Anda ingin membeli bebek yang siap bertelur, Anda dapat memastikan jika Anda telah mengetahui betul ciri bebek petelur yang bagus yang akan dipilih.

3 Perawatan
Kemudian tahap selanjutnya ialah perawatan bebek. Pada tahapan ini merupakan tahap yang paling penting pula dalam beternak bebek petelur. Dimana dengan dilakukannya perawatan yang baik berfungsi agar dihasilkannya bebek petelur dengan kualitas yang baik pula. Bebek yang memasuki tahap perawatan harus diletakkan pada kandang khusus induk.Anda harus selalu menjaga suhu kandangnya agar merata mengenai seluruh bebek yang ada dalam kandang. Semua bebek harus mendapatkan perawatan yang sama, tidak boleh pilih kasih ya!.Batas maksimum berupa 1 meter dari ditempatinya oleh setiap 50 ekor bebek. Kemudian kebersihan dari kandang juga harus selalu dijaga dengan baik dan sebaiknya dibersihkan secara rutin atau berkala.Penjagaan kebersihan ini perlu dilakukan karena dengan kandang yang kotor dapat mendatangkan berbagai penyakit untuk si bebek.Jika bebek yang diternakkan berpenyakit maka akan sangat mempengaruhi keberhasilan dari upaya beternak.Selain itu, cara ternak bebek petelur yang perlu dilakukan secara rutin ialah memberi pakan ternak bebek petelur. Bebek juga memerlukan makan untuk bisa mengembangkan diri dan tumbuh sebagaimana mestinya seekor bebek.Pemberian pakan bebek petelur ini dilakukan sesuai dengan usia dari bebek, dimana biasanya dikenal dengan 3 fase pemberian makan yaitu starter, grower, dan layer.

4. Panen
Hal yang sangat ditunggu-tunggu saat beternak bebek ialah pada tahapan panen. Panen menjadi bagian dari cara budidaya bagi bebek petelur. Panen bebek petelur ini bisa dilakukan setiap pukul 6 pagi. Hal ini dilakukan karena bebek petelur biasanya akan bertelur saat dini hari. Disaat memanen telur bebek baiknya bebek dikeluarkan terlebih dahulu dari kandangnya, kemudian diambil telurnya.

sumber :finansialku